DAFTAR KUNJUNGAN

Jumat, 06 April 2012

PSM Unpad





PSM Unpad Akan Berpartisipasi di 48th Montreux Choral Festival di Swiss
[Unpad.ac.id, 4/04/2012] Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unpad kembali berpartisipasi dalam kompetisi internasional mewakili Indonesia. Pada 10-14 April mendatang, PSM Unpad akan berlaga di 48th Montreux Choral Festival di Swiss. Pada kompetisi tersebut, PSM Unpad akan mengikuti dua kategori, yaitu mix choir danequal voice yang terdiri atas penyanyi wanita.
PSM saat melakukan konser prakompetisi di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Selasa (3/04) jelang Montreux Choral Festival (Foto: Tedi Yusup)*
Untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti kompetisi tersebut, PSM Unpad juga menyelenggarakan konser prakompetisi yang telah berlangsung pada 1 dan 3 April di Taman Usmar Ismail Jakarta dan Grha Sanusi Hardjadinata, Unpad. “ Konser ini sebagai gladi resik kami sebelum berangkat ke Swiss,” jelas Miryam Wedyaswari selaku ketua pelaksana rangkaian kegiatan PSM Unpad ini saat ditemui di Ruang Humas Unpad di Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Rabu (4/04).
Pada kompetisi tersebut, PSM Unpad akan mengirimkan 45 orang anggotanya yang terdiri dari 41 orang penyanyi, 1 orang konduktor dan 3 orang official. Tim PSM Unpad ini akan menyanyikan lagu klasik, lagu modern dan lagu daerah. Untuk mengikuti kompetisi ini, PSM Unpad telah melakukan audisi khusus dan berlatih sejak November lalu.
“Kompetisi ini lebih istimewa karena di kompetisi internasional ini, Vytautas Miskinis, komposer lagu Tu Es yang akan kita bawakan nanti menjadi jurinya langsung. Jadi kami ingin menunjukkan bahwa lagunya dapat kami bawakan dengan bagus,” jelas Arvin Zeinullah sebagai konduktor PSM Unpad. Untuk persiapannya sendiri, Arvin juga menjelaskan selain rutin berlatih menyanyi, mereka juga berlatih pengucapan lagu-lagu tersebut mengingat beberapa lagunya berbahasa latin.
Selain mengikuti kompetisi, PSM Unpad juga akan tampil di Le Sentier Swiss pada 13 April dan di Konser Kebudayaan ” A Splendid Symphony of Indonesia” pada 18 April di Paris, Perancis. Pada konser tersebut, mereka tidak hanya akan menyanyi, tetapi juga akan menampilkan tari-tarian dan bermain angklung.
“Kami akan menampilkan lagu-lagu daerah dan tari-tarian seperti tari Dayak dan Saman pada acara tersebut,” jelas Ahira Amarilis selaku Ketua PSM Unpad yang turut hadir pada kesempatan tersebut. Ia juga turut membawa beberapa anggota lainnya yang akan tampil, yaitu Oki Namira, Amalia Faradila dan M. Rashid Damanhuri.
Saat menemui Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia untuk berpamitan, Rektor berpesan untuk dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya. Ia juga meminta untuk menampilkan yang terbaik, tidak hanya pada saat kompetisi, tapi juga pada acara-acara internal.
“ Terima kasih kepada teman-teman PSM yang sudah membawa nama Unpad di kompetisi ini,” tutur Rektor. Pada kesempatan tersebut, tim PSM Unpad didampingi Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dr, Trias Nugrahadi, Sp.KN dan Pembina PSM Herryawan Kemal Mustofa. *
Laporan oleh: Marlia
Laporan oleh: Marlia |  |  | eh*


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar